Beranda > internet, Internet Sehat > 10 Kesalahan Utama Warnet

10 Kesalahan Utama Warnet


Warnet merupakan bisnis yang menggiurkan saat ini. Sebelumnya bisnis warnet ini sempat loyo kemudian semangat lagi. 1 warnet untung bersih rata-rata Rp 15 juta per bulan setelah dipotong biaya listrik, internet dan operator. Belum lagi untung dari jualan makanan dan minuman. Tetapi ada juga warnet yang KO. Mau tahu 10 kesalahan warnet?

Tulisan ini merupakan kumpulan dari pengalaman beberapa warnet. Terangkum dalam 10 kesalahan utama, yaitu:

  1. Tidak punya orang IT. Sebuah warnet adalah implementasi dari teknologi komputer, sehingga gangguan komputer dan internet dapat terjadi kapan saja. Untuk itu anda harus punya orang IT. Tidak perlu permanen tetapi siap 7×24 jam dipanggil untuk melakukan perbaikan.
  2. Tidak memakai b/w management. Sebuah koneksi internet berapapun cepatnya jika anda bagi begitu saja maka akan saling sedot sehingga jaringan akan lumpuh! Anda harus memasang b/w management sehingga masing2 PC dibatasinya speed-nya. Gunakan Mikrotik jika dana terbatas, sebuah Cisco tentu lebih ok.
  3. Tidak memisahkan b/w LN dan LOCAL. Bandwidth LN umumnya kecil sedangkan local lebih besar. Anda harus memisahkannya di level router sehingga masing-masing PC dibatasi.
  4. Tidak memakai PROXY TRANSPARENT. Sebuah proxy gunanya untuk menyimpan hasil download sehingga PC yang lain cukup mengambil dari proxy tersebut. Tetapi … anda harus aktifkan TRANSPARENT mode sehingga proxy tidak dapat di-bypass dan game baru otomatis memakai proxy (tidak perlu melakukan seeting manual pada game atau aplikasi).
  5. Mengandalkan Wifi. Kondisi Wifi di Jakarta sebagian ancur-ancuran. Inteferensi sebenarnya bukan issue utama. Anda harus tahu cara kerja Wifi. Sebuah Wifi memanfaatkan lebar frequency, semakin banyak pita frequency terpakai maka semakin mengecil kecepatannya, sehingga koneksi jalan tetapi Game pada lack! Jika Wifi memang satu2 nya opsi maka sebaiknya ada Wifi cadangan dari provider yang berbeda.
    Jangan gunakan boster! Menggunakan boster berarti anda serakah dan memaksakan kehendak. Jika memang tidak sampai maka pasang repeater. Jangan kira semua frekuensi milik anda, masih banyak user lain yang juga perlu.
  6. Tidak memasang AntiVirus dan AntiSpam.
  7. Tidak memakai s/w original. Kecuali jika anda mengcopy s/w original maka itu hanya masalah dosa bayar license. Maksudnya secara teknis ok tetapi anda berdosađŸ™‚

Sementara baru 7 yang saya temukan.

  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: