Beranda > drupal > Drupal 7, Tak Seindah Mimpi!

Drupal 7, Tak Seindah Mimpi!


Awal-awal release Drupal 7 sungguh heboh, tetapi setelah Drupal 7 keluar pada 5 Jan 2011 dalam waktu kurang 1 bulan gaungnya mulai melemah, mengapa? Hal ini disebabkan karena semua fitur D7 ternyata sudah ada di D6, bahkan kurang.

Explorasi besar-besaran oleh module dan theme tambahan di Drupal 6 menyebabkan Drupal 6 menjadi CMS yang sangat powerfull. Apa yang dilakukan oleh Drupal  7 hanyalah memasukkan module tambahan Drupal 6 secara default.

Dengan kata lain,  (Drupal 6 + module tambahan D6) > Drupal 7. Secara singkat beberapa hal ini sempat dicoba oleh penulis:

  • Admin Menu: admin menu Drupal dengan sistem overlay terbukti sgt menyita b/w dan user dengan internet yang tidak stabil memilih mematikan fitur ini. AdminMenu Drupal 6 dengan sistem Dropdown terbukti lebih efektif
  • CCK yang disupport D7 masih terbatas pada field-field umum, tidak ada Computed field dan Autocomplete (sebelumnya ada di D6 Profiles), bahkan field type Date tidak ada!
  • AJAXian, fitur Ajax di D7 nyaris tidak ada kemajuan dibandingkan WordPress dan CS-Cart. Padahal aplikasi membutuhkan agar Harga Satuan x Qty langsung muncul sebagai Jumlah, bukan? Belum lagi CI (CodeIgniter) yang menari indah bersama jQuery

Kesimpulan:

  • Sama seperti D5 yang harus direvisi 23 kali maka D6 juga membutuhkan revisi 20 kali (D6.20 saat artikel ini ditulis), mk D7 juga membutuhkan banyak revisi. Beberapa bug langsung diketahui beberapa hari setelah release.
  • Masuknya beberapa module menjadi bagian core dan option default Drupal 7 membuktikan bahwa D7 serius mengembangkan framework yang luar biasa.
  • Keterbatasan D7 ini mutlak diperlukan! Mengingat Dries juga menerbitkan CMS lain yaitu Aquia Drupal (http://acquia.com/products-services/acquia-drupal) dan memberikan kesempatan developer mencari rejeki🙂
  • Perkembangan Drupal tidak terlepas dari perkembangan CMS lain, dengan kata lain meskipun produk A meningkatkan fiturnya menjadi 10 tetapi produk B menjadi 12 maka tidak ada secara keseluruhan B lebih unggul.

Anyhow, migrasi D6 ke D7 menghasilkan tambahan rejeki bagi orang-orang IT.

  1. Adi
    April 22, 2011 pukul 5:26 pm

    wah wah master sejak kapan nge blog nih??
    drupal-id.com kok udah g aktif ya ??

  2. Juni 28, 2011 pukul 10:37 am

    Iseng-iseng nge blog🙂

    Drupal-id.com sudah aktif lagi. Lg saya benahi theme nya.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: