Beranda > netbook, windows 7 > Instalasi XAMPP (Apache, MySL dan PHP) Pada Netbook Windows 7 Starter!

Instalasi XAMPP (Apache, MySL dan PHP) Pada Netbook Windows 7 Starter!


Apa beda Notebook dan Netbook? Umumnya orang menyebutkan bahwa Netbook hanya untuk pekerjaan ringan sedangkan Notebook untuk pekerjaan berat. Sehingga timbul pemikiran bahwa Netbook gak bisa dipakai untuk menjalankan Apache, MySQL dan PHP sebagai 3 serangkai yang sangat penting untuk menjalan website modern.

Pendapat tersebut benar, tetapi hanya berlaku saat Netbook pertama kali dirilis. Mengapa? Karena spesifikasi Netbook saat ini sudah sangat berbeda bahkan di akhir tahun 2009 sudah ada Netbook yang 2 GHz.

Ok, kali ini saya instal Apache, MySQL dan PHP dengan menggunakan XAMPP, download dari http://www.xampp.org. Instalasi dilakukan pada Netbook Acer dengan spesifikasi Atom N280 (1.66 GHz) dan memory 2 GB dengan OS Windows 7 Starter Edition.

Hasilnya XAMPP berjalan mulus, semua servis Apache, MySQL dan PHP berjalan mulus termasuk FileZilla FTP Server, Mercury Email Server dan Tomcat!

Menggunakan Netbook sungguh menyenangkan karena baterai yang tahan lama (6 jam) dan bobotnya yang ringan (1 Kg). Dengan koneksi WLAN yang bisa memanfaatkan hotspot di hampir semua mall di Indonesia (terutama cafe) maka Netbook merupakan teman yang asyik dikala santai sambil bekerja.

NB: jika sekedar untuk browsing, email dan chat maka Apple iPod Touch adalah pilihan yang paling sempurna!

  1. Rokok Itu Haram
    Juni 15, 2010 pukul 4:32 am

    Kalau pakai appserv bisa ga ya?

  2. Juni 15, 2010 pukul 8:03 am

    Bisa, pada dasarnya AppServ dan XAMPP sama saja, alterntif lain adalah WinAMP.

  3. hardi
    Februari 7, 2011 pukul 1:47 am

    klo pakel linux dengan apache+mysql gimana mas>

    tq

  4. Maret 6, 2011 pukul 6:47 pm

    Memang lebih mantap pk Linux karena Apache dan MySQL umumnya digunakan di Linux daripada Windows.

  5. tutut
    Maret 23, 2011 pukul 1:05 am

    saya mau tanya program saya wktu d xamp berjalan lancar tp knp wkt saya pkai appserver jd bnyk yg erorr…blh minta solusi kah???

    • Juni 28, 2011 pukul 10:56 am

      Kemungkinan cuma beda parameternya saja. Jalankan phpinfo() atau kalo pake command line begini:
      php -i

      Kemudian cari perbedaan params nya.

  6. tutut
    Maret 23, 2011 pukul 1:47 am

    Assalaamu’alaikum…
    Tolong dong bantu permasalahan saya..
    saya menggunakan program web pemesanan online (php + mysql) saat saya jalankan pada XAMPP dapat berjalan dengan normal dan tidak ditemukan permasalahan sama sekali.

    Tapi setelah saya jalankan pada APPSERV terjadi permasalahan.
    index.php bisa di load namun setelah login dengan username dan passwd admin tidak menunjukkan error juga tidak bisa melanjutkan ke halaman admin alias tetap dihalaman yang sama.
    Padahal saat menggunakan web server APPSERV semuanya berjalan dengan baik.

    PERTANYAAN saya :
    1. Apakah APPSERV tidak dapat membaca script php web pemesanan saya ?
    2. Configurasi mana yang harus saya rubah pada APPSERV agar dapat membaca script php saya yang keliatannya versi JADUL
    3. Apakah saya harus merubah script php yg terdapat pada web pemesanan saya. kl demikian, wah bisa bisa menyerah…. cz sy gak faham php maklum baru belajar

    hail
    Thanks

    • Juni 28, 2011 pukul 10:58 am

      Sepintas dari error yang bro alami kemungkinan bro masih memakai global variable ya? Coba aktifkan global variable nya, meski tidak recomended dan di PHP 6 global var sudah tidak ada lagi (depreciated) bro …

  7. dwesty
    April 22, 2011 pukul 5:29 am

    kalau di buat photoshop sama coreldraw gimana?lelet ga?
    bagusnya kalo buat xampp, photoshop cs4, coreldraw x3, sama macromedia flash 8 pake apa?

  8. Juni 28, 2011 pukul 10:50 am

    Kalo PhotoShop asal 2 GB RAM ok saja utk keperluan membuat grafis web.

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

