Beranda > Ubuntu 9.10 > Benarkah OS Lokal Hasil Karya Anak Bangsa?

Benarkah OS Lokal Hasil Karya Anak Bangsa?


Sejumlah tulisan di Internet mengklaim bahwa si A, B dan lain-lain merilis Sistem Operasi buatannya sendiri. Dan ramai-ramai memberi label XYZ-GOS singkatan dari XYZ-Goes Open Source. Benarkah anak bangsa ini memiliki kemampuan membuat OS sendiri?

Selidik punya selidik ternyata tidak semuanya benar, umumnya OS tersebut yang mengklaim dirinya buatan Anak Bangsa ternyata merupakan turunan dari OS lain. OS yang paling sering ditiru adalah Fedora, Mandrake dan Ubuntu.

Karena sangat mirip dan hanya sedikit modifikasi dari aslinya maka menggunakan XYZ-GOS ini kurang bermanfaat. Daripada menggunakan XYZ-GOS turunan Ubuntu maka sebaiknya memakai langsung Ubuntu asli.

Sebenarnya apa yang nereka lakukan hanya sekedar melakukan kemasan ulang dan menambah serta mengurangi sejumlah aplikasi saja pada distro aslinya.

Tentu saja dukungan purna jual asli akan hilang. Jika anda membeli jasa purna jual dari Ubuntu tetapi kemudian memakai OS modifikasi Ubuntu maka secara otomatis dukungan purna jual ini hangus.

Sebaiknya, menurut saya jujur saja. Tulis saja OS Turunan Ubuntu Karya Anak Bangsa, daripada menulis label yang hebat tetatpi isinya cuma turunan doang dan bukan membuat OS sendiri🙂

Dengan demikian maka dunia rekayasa software Indonesia akan menjadi maju bukan sekedar label saja. Niatnya memang menghindari membajak software Windows tetapi hasilnya sama saja yaitu tidak ada kemajuan dalam industri S/W di Indonesia.

Kategori:Ubuntu 9.10 Tag:, ,
  1. Februari 9, 2010 pukul 6:04 am

    Judulnya Anak Bangsa Pemakai Open Source…
    Gitu kok MenKomInfo sebelumnya begitu bangga dengan di luncurkannya IGOS..

  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: